Monday 13 February 2012

Google Search API!

Baru saja menemukan sesuatu yang cukup keren. Hal ini berkaitan dengan API untuk searching pada Google.

Pada mulanya saya ingin melakukan pencarian rating suatu manga pada mangaupdates. Hal ini saya lakukan menggunakan Google (karena mangaupdates tidak memiliki API untuk melakukan pencarian). Saya melakukannya dengan membuat request ke http://www.google.com/search?btnI=I%27m+Feeling+Lucky&q=mangaupdates+ dan melakukan page scrapping terhadap halaman hasil pencarian melalui Google tersebut. Cara ini akhir-akhir ini menjadi obsolete (damn Google, ternyata suka ganti-ganti juga) dan membuat aplikasi Manga Mobile saya crashing terus menerus.

Lalu saya memutuskan untuk mencari API yang legal yang disupport sepenuhnya oleh Google. Hasil dari pencarian saya adalah melakukan request ke http://ajax.googleapis.com/ajax/services/search/web?v=1.0&q=mangaupdates+. Request ini mengembalikan JSON object yang bisa langsung diubah menggunakan GSON bila anda menggunakan librarynya. Salah satu contoh hasil request dapat dilihat pada gambar dibawah.
mencari rating manga "I Love 9" menggunakan Google Search API
hasilnya cukup memuaskan, sesuai dengan Google Search biasa dan tidak terlalu memakan bandwidth. Dari hasil JSON ini, saya tinggal men-decode nya dan mencari obyek URL yang saya perlukan (dari contoh atas, URL itu adalah http://www.mangaupdates.com/series.html%3Fid%3D23657.

No comments:

Post a Comment