Saturday 14 September 2013

Tips Bersuci A'la Indonesia

Post ini saya buat terinspirasi oleh post teman saya. Sebenarnya judul dari post ini mula-mula adalah "Cara Cebok Pake Tisu untuk Wong Ndeso" namun sepertinya terdengar terlalu... well... ndeso.


Latar Belakang Post


Jadi teman saya, sebut saja Sunni, sedang merintis boyband di Korea Selatan tepatnya di daerah Gwangju. Ia sedikit tidak nyaman dengan fasilitas toilet disana. Toilet disana tidak memiliki shower/gayung untuk bersuci setelah buang hajat besar (baca: buat cebok habis ngising). Yang disediakan hanyalah gulungan tisu atau kertas toilet. Kebetulan beberapa hari sebelumnya saya mendapat cerita keluhan serupa dari orang lain. Lalu saya berkesimpulan bahwa orang Jawa (atau disini saya generalisasi tanpa dasar sebagai orang Indonesia) tidak terlalu nyaman bersuci menggunakan tisu.


Darimana Tips ini Berasal


Sebelumnya saya ingin menceritakan bagaimana saya menemukan cara bersuci a'la Indonesia ini. Saya sebut a'la Indonesia karena saya pikir cara bersuci ini cocok dipraktekkan oleh orang Indonesia yang membutuhkan air untuk bersuci setelah buang hajat.

Saya adalah pengangguran yang kebetulan mendapat kesempatan beberapa kali ke luar negeri untuk lomba dan bekerja selama beberapa bulan. Beberapa tempat memang menyediakan toilet dengan shower untuk bersuci. Namun toilet di beberapa tempat yang saya kunjungi dan saya dengar hanya menyediakan tisu toilet. Saya sendiri pada mulanya merasa tidak nyaman menggunakan tisu, namun teman saya yang lain (saya link ke LinkedIn-nya siapa tahu pembaca ingin berterima kasih dan meng-endorse dia karena telah mengajari cara bersuci menggunakan tisu) memberikan saya trik-trik yang cukup menarik. Setelah saya praktekkan ternyata trik ini membuat saya gemar dan nyaman bersuci menggunakan tisu.


How?


  1. Sebelum melaksanakan ibadah berhajat, sediakan tiga gumpalan tisu. Basahi tisu kedua dengan air.
  2. Curhatlah (baca: curahan hajat) seperti biasa.
  3. Wipe your ass menggunakan tisu pertama (yang kering).
  4. Setelah merasa bersih, wipe your ass menggunakan tisu kedua (yang basah). Air yang telah diserap oleh tisu kedua ini akan memberikan kita "kepuasan" dan rasa bersih yang muncul bila kita bersuci menggunakan air biasa.
  5. Untuk mengeringkan dan kebersihan yang lebih baik lagi, wipe your ass menggunakan tisu ketiga (yang kering).
  6. Jangan lupa disentor hajatnya.
Cara membasahi tisu kedua bisa bermacam-macam. Bisa dengan keluar toilet dulu lalu membasahi tisu menggunakan air dari wastafel. Namun cara yang biasa saya gunakan adalah membasahi tisu tersebut dengan air yang ada di dalam toilet. Kalau tidak yakin airnya bersih atau tidak, sentor saja dulu toiletnya

Tips ini mungkin tidak cocok digunakan untuk semua orang. Semoga bermanfaat bagi anda.

No comments:

Post a Comment