Saturday 12 March 2011

Memulai Android Development Di Windows / Di Linux / Di Mac OS - part 1

Tentunya kita sudah tahu bahwa Android makin lama makin mendunia. Sebagai manusia yang tidak ingin ketinggalan jaman, beberapa diantara kita pasti ingin mulai ikut andil dalam dunia perkembangan Android. Saya akan menuliskan sedikit demi sedikit bagaimana cara ikut andil di dunia tersebut. Perlu ditekankan bahwa saya belum pro dalam dunia pengembangan aplikasi Android, sehingga kritik dan saran sangat diterima.

Pertama, download lah JDK dulu. Akan muncul gambar seperti ini :

Klik "Download JDK" dan lanjutkan dengan memilih OS yang sesuai dengan OS anda. Setelah selesai download, langsung klik saja "OK", "Next", "I agree" atau apapun yang membuat langkah-langkah instalasi berlanjut. Selamat, anda telah berhasil meng-install JDK (applause untuk anda, cendol untuk saya).

Setelah instalasi JDK selesai, download lah Eclipse Galileo. Akan muncul gambar seperti berikut :


Kenapa Elipse?
Karena Eclipse IDE adalah satu-satunya (saat tulisan ini dibuat) IDE yang diberi plugin official oleh Android.
Kenapa Galileo?
Karena Eclipse Galileo adalah versi Eclipse yang paling baru yang masih beres (lagi-lagi saat tulisan ini dibuat). Versi Eclipse yang lebih baru (Helios) akan lagging (nge-hang kalau saya jalankan di netbook saya) ketika kita menjalankan intellisense (autocomplete-nya IDE) yang cukup berat.
Kenapa ada ijo-ijo di gambar?
Karena saya mau cendol! Bukan, bukan itu....
Karena saya menyarankan anda mendownload Eclipse untuk Java Developers (karena aplikasi di Android ditulis dalam bahasa pemrograman Java, well... most of it).

Lalu pilih OS yang sesuai dengan OS anda. Setelah selesai download, ekstraklah Eclipse ke folder yang anda inginkan. Hasil ekstraksi ini adalah Eclipse Galileo itu sendiri. Ya, tidak perlu instalasi. Kalau tidak percaya coba saja double-click eclipse pada folder utama eclipse. Starting-up Eclipse akan muncul ke layar monitor anda bila anda melakukan instalasi JDK dengan benar dan Eclipse terunduh dengan sempurna.

OK, sekarang jalankan Eclipse bila anda belum menjalankannya. Pilih menu Help > Install New Software... Akan muncul jendela seperti berikut
Masukkan https://dl-ssl.google.com/android/eclipse/ ke textbox Work With, lalu klik ke manapun. Akan muncul tulisan Pending yang akan berubah menjadi tulisan Developer Tools pada gambar diatas. Ingat, proses ini harus dilakukan sambil terkoneksi dengan internet. Pilih Next, OK dan apapun yang membuat langkah-langkah instalasi berlanjut. Tunggu beberapa saat hingga instalasi ADT selesai.

Sebagai catatan, Eclipse yang telah diinstal dengan ADT dapat di copy kemanapun anda suka (yeaah, Eclipse adalah IDE yang sangat portable). Sehingga bisa saja anda melakukan proses download Eclipse dan ADT ini di warnet (asalkan warnet itu punya JRE / JDK untuk menjalankan Eclipse). Lalu Eclipse yang sudah dimasukin ADT ini anda bawa ke rumah untuk anda gunakan selanjutnya.

Lalu apakah proses instalasi sudah selesai sampai sini? Tentu saja belum, nantikan seri Memulai Android Development - part 2.

6 comments:

  1. Wiiihh gogo buat blog. Semangat nulis go. Lumayan buat latihan buat paper :D

    ReplyDelete
  2. wahbisaya di eclipse? kayaknya aku punyanya netbeans @.@

    ReplyDelete
  3. @Rosa : iya Ros, harus Eclipse. Netbeans ga di support officially sama Android soalnya. Ada 3rd party yang bikin sih, cuma ga perfect. Mending dibiasain pake Eclipse aja, enak juga kok :) (walau di kompi dan laptopku ada Eclipse dan Netbeans juga)

    ReplyDelete
  4. Cihuy gogo :D
    Aku pake yang di Netbeans kok. Tapi mang blon sempurna, mending pake Eclipse aja

    ReplyDelete
  5. buruan dilanjutin go, artikel ini dan kelanjutannya, bakal banyak dibutuhkan sebentar lagi...
    postingan bermanfaat...

    ReplyDelete